15 ABK KM Kelud Sembuh dari Covid-19

MEDAKONEWS.CO.ID, Batam- Sebanyak 15 anak buah kapal (ABK) KM Kelud yang terkonfirmasi positif corona virus disease (Covid-19) akhirnya dinyatakan sembuh, setelah hasil dua kali tes swab menunjukan negatif.

Para anak buah kapal tersebut selama ini dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Galang, Kota Batam.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) mengatakan, dengan sembuhnya 15 kasus baru tersebut tentunya semakin meningkatkan rasa optimisme melawan Covid-19.

Wali Kota Batam ini berharap kabar baik tersebut bisa menjadi motivasi bagi pasien Covid-19 lainnya yang saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

“Alhamdullilah perkembangan kasus Covid-19 di Kota Batam menuju trend positif, seiring bertambahnya pasien terkonfirmasi positif yang sembuh,” katanya, Minggu, 3 Mei 2020.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan Batam ini menjelaskan, bahwa kasus tersebut bukan kasus yang tercatat terkonfirmasi positif Kota Batam mengingat mereka bukan warga dan tidak berdomisili di Kota Batam.

Namun dilakukan perawatan di RSD Galang yang masuk dalam wilayah Kota Batam. Saat ini 15 ABK KM Kelud tersebut sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Hal itu merujuk berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKL-PP (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit) Kota Batam

“Karena itu berdasarkan laporan tim medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit,” katanya.

Jumlah kru KM Kelud yang dibawa ke RSD Galang Kota Batam sebelumnya sebanyak 40 orang, berdasarkan hasil tes swab sebanyak 11 orang negatif Covid-19 dan dikembalikan ke Pelni.

Sedangkan 29 ABK lainnya dinyatakan positif Covid-19 dan langsung dilakukan perawatan secara intensif di RSD Galang.

Setelah menjalani perawatan, saat ini 15 crew dinyatakan sembuh. Kondisi yang bersangkutan semua dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ke rumahnya guna melaksanakan karantina mandiri selama 14 hari.

“Sehingga sisanya yang masih menjalani perawatan di RSD Galang Kota Batam saat ini sebanyak 14 crew. Kita doakan mudah-mudahan bisa segera sembuh juga,” kata suami Hj Marlin Agustina (HMA) ini.

Reporter: Umi Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here