471 Peserta Ikuti Uji Kompetensi PPPK Guru di Anambas

Uji kompetensi PPPK Guru Tahun 2021 di lingkungan Kabupaten Kepulauan Anambas yang digelar di SMPN 2 Tarempa.

MEDAKONEWS.CO.ID, Anambas- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar uji kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru di SMP Negeri 2 Tarempa, Senin, 13 September 2021.

Uji kompetensi PPPK Guru perdana ini diikuti 471 peserta. Rinciannya, 381 orang guru pendidikan dasar (SD dan SMP), dan 90 orang untuk pendidikan menengah (SMA dan SMK).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Anambas, Nurman menjelaskan dengan jumlah peserta sebanyak itu ujian dibagi menjadi tiga gelombang. Dalam sehari pelaksanaannya dibagi dua sesi. Sesi pertama dibagi dua kelas yang masing-masing berisi 30 orang. Selesai itu, dilanjutkan sesi kedua. Sehingga dalam sehari total peserta yang mengikuti ujian 120 orang.

“Ujiannya berlangsung selama 4 hari,” katanya.

Nurman menjelaskan bahwa pelaksaan ujian dipastikan menerapkan protokol kesehatan. Bahkan sehari sebelumnya, seluruh peserta diharuskan melakukan rapid tes antigen.

“Di dalam ruangan juga sudah diatur jarak-jaraknya,”ujarnya.

Nurman menjelaskan bahwa dalam struktur organisasi panitia daerah, posisi ketua dipegang Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepri; Wakil Ketua diisi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas; Pelaksanaan uji kompetensi dikomando kepala SMP Negeri 2 Tarempa.

Untuk menunjang kegiatan berjalan lancar, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menyediakan sarana dan prasarana beserta staf pengamanan.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan dinas terkait,” ucap Nurman.

Mekanisme penerimaan PPPK Guru Tahun 2021 diatur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setiap daerah, baik tingkat provinsi dan kabupaten kota, hanya sebagai pelaksana PUK (Pelaksanaan Uji Kompetensi).

Hari ini, uji kompetensi PPPK guru tersebut dilaksanakan secara serentak se-Indonesia.

Reporter: Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here