Air SPAM-SWRO Penyengat Kembali Mengalir, Warga: Alhamdulillah

MEDAKONEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Masyarakat Kampong Datok dan Balai Kota Kelurahan Penyengat kembali mendapatkan layanan air bersih dari UPTD SPAM-SWRO Penyengat.

Setelah sekitar dua bulan pelayanan penyulingan air laut ini terganggu karena alat penyaring rusak, kini layanan telah berjalan maksimal.

“Keberadaan layanan air minum ini sangat membantu dan diharapkan masyarakat,” kata Zulhidayat, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang, Rabu, 22 Desember 2021, di kantornya.

UPTD SPAM-SWRO Penyengat merupakan unit usaha Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Dinas PUPR Tanjungpinang.

Selain di Penyengat, SPAM SWRO juga terdapat di Batu Hitam.

Selama ini, ujar Zul, sebagian besar warga Penyengat memenuhi kebutuhan air bersih dengan cara membeli menggunakan jerigen dorong. Harganya pasti lebih mahal dari SWRO (Sea Water Reverse Osmosis).

Dijelaskan bahwa dengan kapasitas 2 liter per detik, saat ini pelayanan air minum di Pulau Penyengat baru mencakup 107 sambungan rumah (SR) di dua RW. Yakni, RW 1 dan RW 2. Serta, tiga depot air minum.

Direncanakan, pada 2022 akan dikembangkan menjadi 2 x 2,5 liter/detik untuk pelayanan 600 SR. Duit proyek pengembangannya dari APBN 2022.

“Sehingga diharapkan dapat melayani seluruh keluarga dan sarana publik yang ada di Pulau Penyengat,” ucap Zul.

Masyarakat bersyukur dengan kembali beroperasinya layanan air bersih SPAM – SWRO tersebut.

Mu’min, 34 tahun, salah satu warga Kampong Datok mengatakan dirinya kini tidak lagi pusing memikirkan pasokan air di rumahnya.

“Alhamdulillah. Sekarang sudah mengalir lancar,” katanya.

Ia menceritakan, dua bulan sejak terjadinya kerusakan mesin penyaring SPAM-SWRO, dirinya dan warga lain harus kembali membeli air untuk kebutuhan sehari-hari. Harus diirit.

“Karena harganya lumayan,” ucap Mu’min.

Adapun soal kualitas air SPAM-SWRO, Mu’min dan sejumlah warga lain memastikan air yang dialirkan bersih, jernih, bahkan layak untuk diminum.

“Bayaran per bulannya pun tak berat,” tutur Mu’min.

Reporter: Danil S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here