Antisipasi Bencana Musim Utara, Lurah Tarempa Bentuk Posko

Air menggenangi pemukiman penduduk di Kelurahan Tarempa.

MEDAKONEWS.CO.ID, Anambas- Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan membentuk posko siaga bencana. Menyusul masuknya Musim Utara yang melanda Kepulauan Anambas di penghujung tahun.

Lurah Tarempa Syamsir mengatakan posko ini sebagai bentuk antisipasi dini dampak buruk Musim Utara berupa banjir dan gelombang pasang.

“Yang biasa terjadi setiap tahun,”ujarnya, Rabu, 8 Desember 2021.

Pak Lurah mengungkapkan bahwa hingga kini cuaca di Anambas belum bersahabat. Bahkan perkiraan BMKG air pasang akan kembali lebih tinggi malam nanti.

Sehari sebelumnya, sebanyak 15 rumah terendam banjir di kelurahan Tarempa. Belum termasuk daerah lain.

“Potensi bencana saat ini cukup besar. Berkaca pada kejadian di tahun-tahun sebelumnya. Dan bencana tersebut menelan korban jiwa,” ujar Syamsir.

Selain posko tanggap darurat, pria beranak tiga itu melanjutkan, pihaknya juga telah menyiapkan posko pengungsian di Kantor Kelurahan. Kapasitasnya mampu menampung 25 orang.

“Kita juga telah berkoordinasi dengan BPPD. Harapan kita untuk tahun ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini Syamsir mengingatkan seluruh masyarakat, khususnya di wilayah kelurahan Tarempa, agar selalu waspada terhadap gelombang pasang dan banjir. Karena intensitas curah hujan kian meningkat di daerah ini.

Reporter: Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here