Batam Terapkan PSBB Per Kecamatan, Segera Berlaku

0
106
Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi dan Wakilnya H. Amsakar Achmad serta Sekda Batam H. Jefridin.

MEDAKONEWS.CO.ID, Batam- Penanganan pandemi Covid-19 di Batam harus terintegrasi. Begitu strategi yang dilakukan Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi (HMR) kali ini. Ia menugaskan pejabat setingkat kepala dinas menjadi koordinator penanganan Covid-19 di masing-masing kecamatan.

“Nanti dibagi saja kepala OPD ini untuk menjadi koordinator di kecamatan,” ujarnya dalam rapat OPD di Dataran Engku Putri, Rabu, 29 April 2020.

Menurutnya, ada lima kecamatan yang menjadi prioritas pengawasan, yaitu Batam Kota, Batuaji, Sagulung, Sekupang, dan Bengkong.

Kelimanya akan mendapat perhatian khusus dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Saya dan Pak Wakil (H. Amsakar Achmad) juga Pak Sekda (H. Jefridin) akan ikut patroli mengawasi,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam itu.

Gugus Tugas, kata Rudi lagi, akan menerapkan pembatasan sosial skala besar (PSBB) per kecamatan. Antara lain, dengan memperketat pengawasan penerapan social dan physical distancing di tengah masyarakat. Serta mengawasi kepatuhan warga dalam penggunaan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

“Edukasi dan sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjaga imunitas tubuh dengan olahraga ringan dan pola makan sehat juga terus digalakkan,” pesannya.

Maka, HMR yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam tersebut meminta jajarannya untuk berperan lebih aktif melakukan langkah preventif menyikapi pandemi Covid-19.

”Dalam mengatasi Covid-19 ini kita harus kompak, jangan hanya diam saja namun turun ke lapangan langsung,” katanya.

Reporter: Umi Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here