Bea Cukai Tanjungpinang Musnahkan BMN Senilai Rp3,5 M

0
183

MEDAKONEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Kantor Bea dan Cukai Tanjungpinang melakukan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) senilai Rp3,5 miliar.

BMN ini merupakan hasil penangkapan di wilayah hukum Tanjungpinang karena tidak memiliki izin dan kelengkapan kepabeanan.

Pemusnahan dilaksanakan di halaman Komplek Perumahan Dinas Bea dan Cukai, Jalan Gatot Subroto, Rabu, 3 Maret 2021.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjungpinang, M. Syahirul Alim menjelaskan sepanjang 2020 pihaknya telah melakukan 324 penindakan. Sesuai ketentuan, status barang-barang hasil penindakan tersebut ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN).

“Atas persetujuan dari Menteri Keuangan melalui Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Batam, BMN tersebut kami musnahkan,” katanya.

BMN hasil penindakan yang dimusnahkan terdiri dari 3.171.793 batang rokok, 10.302 kaleng dan botol minuman mengandung ethil alkohol, 19 unit sepeda dan skuter, barang elektronik, parfum, sex toys, tas, sepatu, perkakas dan lainnya. Jika dirupiahkan nilainya mencapai Rp 3.5 miliar.

Potensi kerugian negara berupa bea masuk dan pajak yang harus dibayar atas barang-barang tersebut, kata Syahirul, sekitar Rp 2,15 miliar.

Hadir dalam acara pemusnahan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, Kakanwil DJBC Khusus Kepri Agus Julianto, unsur FKPD Tanjungpinang dan Bintan serta stakeholder terkait.

Pemusnahan BMN dilakukan dengan cara dibakar, digilas dengan alat berat, digergaji dan dipotong dengan gerinda.

Reporter: Danil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here