Begini Tata Cara Perayaan Idul Adha di Natuna

0
250
Bupati dan Wakil Bupati Natuna memimpin Sosialiasi Tata Cara Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban.

MEDAKONEWS.CO.ID, Natuna– Bupati Kabupaten Natuna, Wan Siswandi menyampaikan bahwa kaum muslimin di daerah ini bisa melaksanakan salat Idul Adha di masjid. Dengan catatan, jumlah jemaah dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas tempat ibadah. Pelaksanaannya pun wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Di samping itu, panitia juga diharuskan menyiapkan tempat salat tambahan di halaman masjid.

“Ketetapan ini berlaku pula bagi panitia yang menyelenggarakan salat di lapangan,” kata Bupati saat memimpin Sosialisasi Tata Cara Pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 H dan Penyembelihan Kurban di kantornya, Kamis, 15 Juli 2021.

Pemotongan kurban, menurutnya, juga telah diatur sedemikian rupa sesuai prokes. Untuk teknis pembagiannya, masyarakat dilarang mendatangi lokasi. Justru panitia-lah yang akan membagikan ke rumah mereka masing-masing.

Di tengah kondisi pandemi yang belum juga mengalami penurunan, pedoman salat Idul Adha dan pemotongan kurban ini diminta menjadi perhatian seluruh pihak. Yaitu, bagaimana agar masyarakat tetap dapat menjalankan ibadah dengan baik tanpa berpotensi terjadi eskalasi penambahan kasus terkonfirmasi positif setelahnya.

“Saya meyakini pedoman ini langkah terbaik yang diambil pemerintah sebagai bagian dari ikhtiar dalam menghadapi pandemi,” ujar Bupati kepada media ini.

Ia mengajak seluruh ulama dan tokoh keagamaan untuk bersatu membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi. Caranya, dengan ikut memberi imbauan kepada masyarakat untuk menaati kebijakan yang ditetapkan, utamanya terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Wakil Bupati Rodhial Huda yang juga hadir dalam sosialiasi menambahkan bahwa kegiatan saling berkunjung pada hari raya untuk sementara ditiadakan. Sebab, menurutnya, aktivitas tersebut sangat mungkin menimbulkan banyak kerumunan, dan berpotensi menjadi sarana transmisi lokal Covid-19.

“Ingat, Covid saat ini masih berada di seputar kita,” ucapnya.

Sosialiasi diikuti, antara lain Penjabat Sekretaris Daerah Boy Widjanarko, Kepala Kanwil Kemenag, Ketua MUI, Ketua LAM, pengurus masjid dan pimpinan instansi terkait lainnya. (KP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here