BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di Sebagian Wilayah Jatim

MEDAKONEWS.CO.ID, Surabaya- Badan Meteorologi, Klomatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan. Dalam siaran persnya, Jumat (22/4/2022), lembaga tersebut mengingatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang sesaat, diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim) tiga hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda, Teguh Tri Susanto, mengatakan pada pagi hari, hujan diperkirakan akan melanda wilayah Kabupaten Malang, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Sampang dan Sumenep.

Sementara pada siang sampai dengan sore hari, hujan akan mengguyur wilayah Kota Surabaya, Batu, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Madiun, Ngawi, Magetan, Trenggalek, Blitar, Kediri, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Bangkalan. Pada malam hari, hujan diprakirakan hanya akan mengguyur Kabupaten Malang.

Dikatakan bahwa di Jawa Timur, suhu udara akan mencapai 15-34 derajat celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Angin akan dominan berhembus dari Timur ke Timur Laut, dengan kecepatan 05-30 km/jam.

Sementara informasi dari BMKG Maritim Perak Surabaya pada hari yang sama, kondisi cuaca berawan secara umum terjadi di wilayah perairan Jatim. Potensi hujan ringan hinga sedang dapat terjadi di Selat Madura, Perairan selatan Jatim, dan Samudera Hindia selatan Jatim.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian Timur sebesar 10 knots (19 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 23 knots (41 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-0.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.5-3.5 meter. Waspada tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Samudera Hindia selatan Jatim.

Reporter: Abu Bakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here