BPS ‘Launching’ Pojok Statistik Virtual

MEDAKONEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Badan Pusat Statistik atau BPS meluncurkan Pojok Statistik Virtual dalam webinar bertema “Peningkatan Literasi Statistik melalui Pojok Statistik untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” Selasa, 28 September 2021.

Kepala BPS, Margo Yuwono mengatakan lembaganya berupaya memberikan pelayanan publik berkualitas yang dalam penyelenggaraannya selalu berkembang sesuai kebutuhan masyarakat dan perubahan di segala bidang.

Sejak 2011, Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS yang hadir di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten kota terus berinovasi.

“Kehadiran Pojok Statistik Virtual merupakan inovasi terbaru PST BPS yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi,” katanya.

BPS telah mengawali pembentukan Pojok Statistik yang berbasis offline atau tatap muka di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Hasanudin (2019), Universitas Sumatera Utara (2020), dan Universitas Negeri Padang (2021).

Pojok Statistik merupakan media layanan statistik yang bertujuan meningkatkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan mahasiswa dan akademisi, sekaligus mendukung kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pojok Statistik offline kemudian dikembangkan menjadi online atau virtual, seiring beralihnya metode pembelajaran sejak pandemi Covid-19.

Pojok Statistik Virtual menampilkan konten yang dikemas secara menarik serta memadukan layanan dan akses belajar statistik tanpa batas wilayah. Konten dan layanan yang disajikan merupakan hasil sinergi antara BPS dengan perguruan tinggi.

Selain launching Pojok Statistik Virtual, webinar disertai diskusi bersama para pakar di bidang pelayanan publik dan pendidikan. BPS menghadirkan Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam, sebagai keynote speaker.

Adapun narasumber, di antaranya Imam Machdi, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS; Yudhie Andriyana, Ketua FORSTAT; Dan Muhammad Imanuddin, Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Politik dan Hukum.

Reporter: Y.Sudirman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here