Daging Kurban Dibagikan Langsung ke Rumah Warga

0
74

MEDAKONEWS.CO.ID, Batam- Pemerintah Kota Batam bersama Kementerian Agama akan mengatur tata cara pembagian daging kurban Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020.

Hal ini dilakukan agar saat pendistribusian daging kurban benar-benar sesuai dengan protokol kesehatan.

Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR) mengatakan penyembelihan hewan kurban hingga pendistribusian harus memenuhi standar protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak, penerapan kebersihan tempat kurban hingga alat-alat yang akan digunakan untuk menyembelih.

“Pemotongan hewan kurban di lakukan di area yang memungkinkan penerapan jarak fisik,” katanya, Selasa, 21 Juli 2020.

Penyelenggara juga harus mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan, hanya boleh dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban. Kemudian juga mengatur jarak saat melakukan pemotongan, pengulitan, pencacahan dan pengemasan daging.

“Pendistribusian daging kurban dilakukan oleh panitia ke rumah mustahik,” ujar HMR.

Untuk kebersihan personal, panitia melakukan pemeriksaan kesehatan awal yaitu melakukan pengukuran suhu tubuh disetiap jalur masuk tempat penyembelihan.

Panitia yang berada di area penyembelihan harus pula segera membersihkan diri sebelum bertemu anggota keluarga.

“Untuk alat, sebelum dan sesudah digunakan harus segera dibersihkan. Satu orang harus satu alat,” kata HMR.

Kemudian untuk pelaksanaan salat Idul Adha boleh dilakukan di lapangan, masjid, ataupun musala. Dengan syarat mematuhi semua protokol kesehatan. Kesehatan jemaah juga harus diperhatikan sebelum mengikuti pelaksanaan salat.

Kepala Kemenag Kota Batam, Zulkarnain mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu jelang perayaan hari raya Idul Adha. Tempat salat, persiapan pendistribusian daging kurban menjadi perhatian di tengah pandemi Covid-19 ini.

Untuk pendistribusian daging kurban di luar masjid perumahan, ada beberapa hal yang harus dipatuhi. Agar masyarakat tidak berdesak-desakan.

Ia menjelaskan untuk tingkat Kota Batam, pemotongan hewan di pusatkan di Masjid Agung, Batamcenter.

“Nanti panitia akan membagi nomor antrean disertai waktu penjemputan. Misalnya nomor antrean 1-50 dulu diambil pukul 09.00 WIB,” katanya.

Sementara untuk pendistribusian daging kurban di masjid-masjid dekat perumahan, daging akan didistribusikan langsung ke rumah warga.

“Door to door. Tak ada warga yang ambil ke masjid. Ini sudah kami sosialisasikan ke pengurus masjid, dan berharap benar-benar dijalankan nantinya,” kata Zulkarnain.

Reporter: Umi Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here