Desa Bayat Gelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Tahun 2020

0
217
Kepala Desa Bayat A. Rani menyampaikan sambutan.

GALERI FOTO


PEMERINTAH
Desa Bayat, Kecamatan Siantan Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Posyandu, Kamis, 6 Februari 2020.

Camat Siantan Utara, Tarmizi memberikan arahan peserta Musrenbangdes.

Kepala Desa Bayat A. Rani mengatakan musyawarah rencana pembangunan desa dilakukan guna menyusun program kegiatan prioritas.

Sebagai kepala desa ia mengajak semua unsur masyarakat Bayat bersama-sama terlibat aktif dalam musyawarah ini demi suksesnya pembangunan. “Kita berharap dengan Musrenbangdes apa yang kita bahas dan yang kita rencanakan bisa terealisasi dengan baik ke depan,” katanya.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Camat Siantan Utara, Tarmizi yang membuka kegiatan dalam sambutannya menyampaikan pentingnya musyawarah pembangunan.

Musrenbangdes, menurutnya, suatu rangkaian dalam proses pelaksanaan perencanaan pembangunan. “Di sinilah peran aktif masyarakat diperlukan agar pembangunan desa kita berjalan optimal. Karena hanya masyarakatlah yang tahu apa-apa yang dibutuhkan,” ujarnya.

Suasana Musrenbang Desa Bayat.

Ia berharap musyawarah ini menghasilkan usulan pembangunan yang paling diutamakan. “Karena kalau usulannya tidak dimunculkan dalam Musrenbang, maka tidak bisa dilaksanakan. Menyalahi Undang-undang. Kita akan utamakan yang prioritas dulu, nanti yang bukan prioritas kita akan masukkan setelah yang prioritas selesai,” tuturnya.

Peserta Musrenbangdes.

Sebagai desa di kecamatan yang baru, Desa Bayat terus gencar membangun. Ini dilakukan agar sarana dan prasarana serta infrastruktur desa yang belum terealisasi bisa diwujudkan segera.

“Dan apa-apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. Di samping melakukan persaingan dengan desa-desa lain dalam proses kemajuan Desa Bayat,” kata A. Rani.

Pembacaan doa.

Musrenbangdes menghasilkan lima item kegiatan yang bersifat prioritas. Musrenbang sendiri mengangkat tema “Pembangunan SDM, Ekonomi Kerakyatan dan Konektivitas Wilayah yang Handal.”

Adapun peserta yang hadir dalam Musrenbangdes, Camat Siantan Utara beserta Sekcam, Kades beserta staf, BPD, Kepala Dusun, Ketua RT/RW dan Kepala Sekolah.

Reporter: Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here