Gugus Tugas Batam: 209 Positif, Sembuh 124

0
52
Ilustrasi.

MEDAKONEWS.CO.ID, Batam- Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam mencatat 209 orang positif Covid-19, hingga Minggu, 21 Juni 2020. Sedangkan yang sembuh 124 orang.

Ketua Gugus Tugas Batam, H Muhammad Rudi (HMR) mengatakan terdapat satu tambahan warga positif Covid-19, yaitu pasien baru nomor 209 yang merupakan adik kandung dari terkonfirmasi positif nomor 197.

Ia remaja laki-laki berinisial KH (15), pelajar, warga perumahan Tembesi Sidomulyo, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung.

“Konfirmasi ini berdasarkan pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam dari hasil tracing (melacak) dan pengembangan kasus baru di Kota Batam,” kata HMR.

Usai tracing dan pengembangan kasus yang dilakukan Tim Surveilans Dinas Kesehatan, maka pada 18 Juni 2020 yang bersangkutan beserta ibu dan ayahnya dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan pertama.

Hasilnya: positif; ayah dan ibunya negatif.

“Mengingat mereka semua merupakan closes contact primer, maka kepada ayah dan ibunya akan kembali dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang kedua dan saat ini sedang dalam persiapan,” ujar HMR.

Sejauh ini kondisi KH stabil dan tidak merasakan gangguan kesehatan yang berarti. Selanjutnya akan dirawat lebih lanjut di rumah sakit rujukan RSBP Batam.

HMR menyampaikan bahwa sesuai hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan terhadap seluruh cluster terkonfirmasi positif Covid-19, diperoleh kesimpulan mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster. Atau kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan pemerintah.

Reporter: Umi Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here