Kapolres Natuna Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Medakonews.co.id, Natuna – Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, SIK menjadi inspektur upacara apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di wilayah perbatasan Kabupaten Natuna, Rabu 11 Desember 2019.

Dalam amanat Kapolda Kepri, Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, SIK dibacakan Kapolres Natuna menuturkan, pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan pasukan dan perlengkapan serta menghimpun pasukan TNI-Polri, BNPB, Basarnas dan lembaga lain yang turut membantu serta membantu dalam setiap upaya memperbaiki kesulitan.

Kapolda Kepri menganggap Kepulauan Riau merupakan daerah rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, laka laut dan lain sebagainya, maka dari itu sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik disemua lini, baik yang tidak terkait dengan penanggulangan bencana.

Kapolda Kepri, berharap untuk seluruh pemangku kepentingan yang berkompeten dalam penanggulangan bencana, agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana di seluruh tingkat Kelurahan demi Provinsi, meningkatkan sumber daya manusia melalui bantuan pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana, paparnya.

Kapolda Kepri mengatakan dalam penanggulangan bencana, sangat dibutuhkan edukasi tentang penanggulangan bencana bagi masyarakat.

Masyarakat yang dapat dipindahkan. Tangguh dalam bencana yang akan terjadi. Untuk itu, kata Andap, semua dituntut untuk dapat melakukan prediksi, analisis, dan Identifikasi terhadap potensi gangguan yang akan terjadi di wilayah Kepulauan Riau.

Selain itu, Kapolda juga membantu dimana harus menjadi tanggung jawab kita semua, untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan.

Pengintegrasian setiap Stakeholder dalam setiap pertentangan dan penanggulangan bencana.

Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, tepat dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan yang ada

Memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan penanggulangan bencana.

Meningkatkan kualitas data, informasi, dan pelaporan kejadian melalui optimalisasi penggunaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Peraturan Daerah dan Peraturan Daerah.

Memberikan bantuan publik dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana, jelas Kapolda.

Pada apel tersebut, Kapolres Natuna juga melakukan pemeriksaan pasukan dan peninjauan Ranmor dan Peralatan didampingi Asisten I Plt, Hendra Kesuma, Wakil Ketua II DPRD, Jarmin Sidik, FKPD, SAR Natuna, serta para OPD, dan para tokoh masyarakat.

Editor : Papi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here