Kaum Muslimin di Tanjungpinang Salat Idul Adha di Rumah

0
172

MEDAKONEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Tahun ini kaum muslimin di Tanjungpinang harus kembali salat Idul Adha di rumah.

Hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Tanjungpinang Nomor 451/993/1.1.03/2021 yang meniadakan salat Idul Adha berjamaah selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dalam SE tertanggal 14 Juli 2021 ini juga disebutkan salat berjamaah di lapangan terbuka pun “jangan dulu.”

Adapun takbiran, boleh dilakukan di masjid atau musala. Pelaksanaannya terbatas. Dipersilakan menggunakan pengeras suara.

Sedangkan pawai takbir keliling, baik dengan kendaraan maupun jalan kaki, dilarang.

Untuk pemotongan hewan kurban, menurut SE itu, lebih diutamakan dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R).

Disembelih di luar itu boleh. Dengan sejumlah syarat. Yang paling pokok harus menerapkan protokol kesehatan. Panitia dan petugas penyembelihan juga harus sudah divaksin, baik dosis pertama atau kedua. Mereka harus pula dinyatakan “bebas virus.” Dibuktikan dengan hasil tes antigen yang berlaku 1 x 24 jam sebelum hari pemotongan.

Seluruh pelaksanaannya akan diawasi langsung Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan.

Syarat selanjutnya soal pendistribusian daging. Panitia dilarang membagikan kupon sebagaimana lazim dilakukan saat kehidupan normal dulu. Kali ini daging diantar ke rumah masing-masing penerima.

Kementerian Agama resmi menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Sidang isbat penetapannya digelar 10 Juli lalu.

Reporter: Y. Sudirman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here