Kepri Segera Miliki Peraturan Daerah tentang Covid-19

0
128
Pertemuan Pjs Gubernur Kepri bersama pimpinan dan ketua fraksi DPRD Provinsi Kepri.

MEDAKONEWS.CO.ID, Kepri- Penjabat sementara Gubernur Provinsi Kepri, Bahtiar Baharuddin menyampaikan bahwa pemerintah bersama DPRD segera menyusun Peraturan Daerah tentang pencegahan penanganan dan penegakan hukum Covid-19.

Hal itu ia sampaikan usai bersilaturahmi dengan pimpinan dan ketua fraksi DPRD Provinsi Kepri di gedung DPRD, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin, 5 Oktober 2020.

Adapun provinsi lain yang telah memiliki Perda pencegahan penanganan dan penegakan hukum Covid-19, yakni Sumatra Barat, Gorontalo dan Nusa Tenggara Barat.

DPRD dan pemerintah, kata Bahtiar, berkomitmen memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam rangka pencegahan penanganan dan penegakan hukum Covid-19. Dan Perda ditarget selesai disusun dan disahkan satu bulan ke depan.

“Perda ini menjadi legal standing bagi seluruh penyelenggara pemerintahan bagaimana menangani Covid-19 di Kepri,” katanya.

Bahtiar berharap gerakan Pilkada Sehat yang digelorakan di Kepri bisa menjadi bagian yang didukung dalam Perda tersebut.

“Mudah-mudahan Provinsi Kepri menjadi provinsi ke empat membuat Perda ini. Sehingga sebelum masa jabatan (penjabat sementara) ini selesai, Perda sudah ada,” ujarnya.

Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu juga menjelaskan bahwa segenap kebijakan pemerintah mutlak harus didukung DPRD.

Bahtiar mengucapkan terima kasih kepada pimpinan DPRD. “Walau pun (pertemuan) singkat banyak hal yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Ketua DPRD Jumaga Nadeak mengatakan pertemuannya dengan penjabat sementara gubernur menitikberatkan pembahasan bagaimana mencegah dan memutuskan mata rantai Covid-19. Selajutnya membahas Pilkada agar berjalan lancar.

Jumaga menambahkan bahwa bersama pimpinan dan ketua fraksi agenda DPRD yang wajib diselesaikan dalam waktu dekat adalah pengesahan APBD Perubahan, LKPJ, APBD murni 2021, dan arah hak inisiatif tentang pencegahan Covid-19.

Tampak mendampingi Pjs Gubernur, Sekretaris Daerah H. TS Arif Fadilah, Kepala Barenlitbang Andri Rizal, Asisten Administrasi Umum M Hasbi, Kadis Sosial Doli Boniara, Kabiro PBJ Misbardi, Plt. Kabiro Humprohub Zulkifli.

Reporter: Lukman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here