Menanti Strategi Pemulihan Ekonomi Bupati dan Wakil Bupati Lingga

M. Samin.

MEDAKONEWS.CO.ID, Lingga– Nyaris semua sektor kehidupan di berbagai daerah di Indonesia nyaris lumpuh dihantam Covid. Tak terkecuali Kabupaten Lingga.

Pandemi yang mewabah selama dua tahun ini tidak hanya menciptakan krisis kesehatan, tapi juga berdampak besar pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Implikasinya pertumbuhan ekonomi kabupaten ini melambat, penerimaan daerah menurun.

Salah satu pejuang pembentukan Kabupaten Lingga, M Samin mengaku prihatin dengan kondisi perekonomian masyarakat saat ini.

Ia minta pemerintah segera mengatur strategi pemulihan.

Dan pilihan paling logis untuk keberlangsungan hidup ekonomi saat ini adalah optimalisasi belanja pemerintah. Karena sektor lain terus melambat dan tumbuh negatif.

“Artinya, instrumen belanja pemerintah menjadi lokomotif utama sebagai penggerak ekonomi,” kata Samin, Minggu, 26 September 2021, di Daik-Lingga.

Ia mengaku paham akan terjadi tekanan pada penerimaan daerah untuk penyediaan dana terhadap belanja tersebut. Karena setiap belanja pemerintah butuh sumber pendanaan yang besar.

Di satu sisi, menurut Samin, Pemkab harus menggenjot optimalisasi belanja agar ekonomi berputar. Namun di sisi lain pemerintah juga harus melakukan optimalisasi penyediaan dana untuk belanja dimaksud.

“Kita dalam dilematis yang butuh ketelitian dan kesabaran ekstra,” tuturnya.

Samin yang juga pejuang pembentukan Provinsi Kepri ini menilai bupati dan wakil bupati Lingga yang sekarang muda dan energik diharapkan dapat diandalkan.

Meski muda saja tidak cukup, masyarakat terus menanti kebijakan apa yang akan diambil terkait percepatan pemulihan ekonomi pasca Covid.

“Saya dengar bupati berjanji akan membuat lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga lokal sebanyak-banyaknya. Kita tidak mau ini buah bibir saja. Kita mau program pasti,” ucapnya.

Lingga yang kaya potensi alam juga diminta digarap secara serius.

“Di Dabo saya dengar bupati sudah mengajukan izin pertambangan rakyat (IPR) untuk pertambangan timah,” katanya.

Maka, ia minta bupati juga menggesa pembukaan wilayah pertambangan rakyat (WPR). Tujuannya agar masyarakat bisa berusaha dan membuka peluang dari sektor ini secara mandiri. Sehingga ekonomi masyarakat cepat pulih.

Reporter: J.Naim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here