Mulai Sering Turun Hujan, Harap Kebersihan Lingkungan Dijaga

0
118

MEDAKONEWS.CO.ID, Kepri- Sejak awal Ramadan lalu, atau Jumat (24/4/2020) hujan lebat hampir tiap hari mengguyur Kota Tanjungpinang maupun Batam. Kadang malam, kadang siang hari seperti yang terjadi hari Rabu (29/4/2020) ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim kemarau di sebagian besar Indonesia terjadi pada Mei 2020.

Sebab, sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami periode peralihan musim (pancaroba) dari musim hujan ke musim kemarau.

Karena masih dalam periode peralihan musim, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil diperkirakan dapat terjadi beberapa hari ke depan dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

“Madden Julian Oscillation (MJO) dan sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa bagian barat serta di perairan utara Maluku dan Papua Barat yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin (konvergensi),” kata Plt Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal dalam keterangannya, Selasa, 28 April 2020.

BMKG memperkirakan, hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat atau petir akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia mulai 27 April hingga 3 Mei. Masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Sementara itu Pemerintah Kota Batam, melalui dinas terkait sudah banyak melakukan antisipasi. Misal, bahaya banjir.

Seperti dilakukan Pasukan kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam membersihkan drainase Seibeduk, Sabtu (26/4/2020) lalu. Hasilnya, drainase yang tadinya penuh sampah plastik itu langsung bersih.

Hal yang sama juga dilakukan Kecamatan Bengkong yang membongkar bangunan liar di atas drainase.

Banyak lagi hal lain yang dilakukan. Namun upaya ini akan sia-sia bila tak didukung oleh masyarakat. Misalnya dengan cara yang paling ringan: tak membuang sampah sembarangan.

Reporter: Umi Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here