Pegawai Disbudpar Batam Kompak Hijaukan Pekarangan Kantor

MEDAKONEWS.CO.ID, Batam- Seluruh Pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kompak menghijaukan pekarangan kantor dengan tumbuhan berkhasiat. kegiatan atas inisiasi Kepala Disbudpar, Ardiwinata.

Seluruh pegawai membawa beragam tanaman bermanfaat dari rumah masing-masing untuk kemudian di tanam di lahan kantor yang satu gedung dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) tersebut.

Seperti pandan wangi, jeruk, sirih, kenanga, bibit daun kari, daun semangkuk, bunga melati, jambu, bunga raya, terong pipit, kunyit, jahe, kencur, lidah buaya, lengkuas, ubi dan kelapa gading.

Ardiwinata mengatakan penanaman ini dalam rangka implimentasi Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) yang telah disusun, khususnya pengetahuan tradisional berupa makanan dan minuman lokal serta methoda penyehatan dan ramuan.

Hal ini sejalan pula dengan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 1 tahun 2018 tentang Pemajuan Kebudayaan Melayu

“Semuanya di tanam di lahan yang masih kosong di sekitar kantor,” kata Ardi di halaman Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM), Batam, di Batam Centre, Jumat, 10 Juli 2020.

Selain memperindah halaman, menurutnya, kegiatan ini juga sekaligus mengajak pegawai berolahraga karena kegiatan dilakukan di pagi hari. Ardi berharap tanaman ini tumbuh sehingga lingkungan Disbudpar hijau dan asri.

“Dan manfaatnya bisa dirasakan seluruh pegawai,” katanya.

Di hari yang sama, dinding ruang tunggu tamu Kantor Disbudpar juga dihias dengan kain berwarna khas Melayu, merah, kuning, dan hijau.

Kemudian diletakkan pembidang atau peralatan untuk membuat tudung manto serta pajangan alat musik. Tujuannya, kata Ardi, selain mempercantik ruang dan menambah pengetahuan tentang budaya Melayu, tempat ini juga sebagai workshop mini bidang kebudayaan.

Tampak salah seorang pegawai dari Bidang Kebudayaan membuat kain tudung manto lengkap dengan peralatannya di ruangan tersebut. Tudung Manto merupakan kain penutup kepala khas Melayu.

“Tamu bisa melihat dan belajar langsung cara membuat tudung manto di ruangan ini,” ujar Ardi.

Lokasi yang dihias ini bisa juga jadi spot foto yang menarik bagi pegawai dan pengunjung. “Semoga kegiatan positif ini terus berlanjut,” tuturnya.

Reporter: Umi Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here