Pemerintah Longgarkan Kebijakan Penggunaan Masker

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

MEDAKONEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Pemerintah akhirnya membolehkan masyarakat tidak menggunakan masker saat beraktivitas di area terbuka dan di luar ruangan. Syaratnya, di tempat tersebut, tidak dipadati orang pada waktu bersamaan.

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, Selasa, 17 Mei 2022.

Menurut Presiden, terkendalinya wabah COVID-19 di dalam negeri menjadi alasan kebijakan pelonggaran pemakaian masker. Indikatornya, angka kasus positif yang semakin hari menunjukkan tren penurunan yang secara signifikan.

Semua itu tidak lepas dari upaya penanganan wabah global COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah bersama dengan banyak pemangku kepentingan.

“Dengan memperhatikan kondisi saat ini, dimana penanganan pandemi semakin terkendali,” kata Presiden.

Meskipun begitu, Pemerintah tetap mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menggunakan masker pada tempat-tempat yang banyak dipadati oleh masyarakat. Seperti di angkutan umum hingga pusat-pusat keramaian.

Kemudian, bagi masyarakat yang masuk dalam kategori rentan terinfeksi wabah COVID-19, seperti kaum lanjut usia atau masyarakat yang memiliki riwayat penyakit komorbid, maka harus tetap menggunakan masker dalam setiap kegiatan di mana pun berada.

Bagi masyarakat yang sedang mengalami gejala batuk, pilek dan demam diimbau menggunakan masker.

“Saya menyarankan masyarakat dengan kondisi itu selalu menggunakan masker saat beraktivitas,” ucap Presiden.

Terakhir, bagi masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar negeri dan dalam negeri, tidak perlu lagi melakukan tes PCR dan swab antigen. Asal sudah divaksin dosis lengkap dan booster (penguat).

“Pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri sudah tidak perlu tes swab PCR dan Antigen,” tutur Presiden.

Editor: Irwansyah Saragih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here