Pemkab Anambas Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-91

0
297
Foto bersama.

GALERI FOTO

PEMERINTAH Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019. Upacara digelar di halaman kantor bupati, Pasir Peti, Tarempa, Senin pagi, 28 Oktober. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, S.H, M.M bertindak sebagai inspektur upacara.

Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar bertindak sebagai inspektur upacara.

Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini “Bersatu Kita Maju.” Tema tersebut guna menegaskan  komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Upacara berlangsung khidmat. Dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang dilanjutkan pembacaan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928.

Pembacaan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928.

Dalam sambutannya Sahtiar membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Ia menjelaskan bahwa pesatnya perkembangan ilmu teknologi ibarat dua mata pisau dengan sisi yang berbeda. Satu sisi memberikan kemudahan informasi kepada pemuda dan satu sisi lainnya mempunyai dampak yang negatif.

Untuk itu pemuda diharuskan memiliki karakter yang tangguh, mampu berfikir kritis, disiplin dan mampu menjadi pelopor pembangunan sehingga tidak terjerumus ke sisi negatif perkembangan zaman.

Para pemuda, menurut Sahtiar, menjadi sebuah harapan untuk meneruskan pembangunan, khususnya di Kabupaten Anambas. Pemuda harus lebih serius menyikapi tantangan di zaman ini. Karena mereka menghadapinya secara langsung.

“Kita membutuhkan karakter pemuda yang kuat, kreatif dan cerdas dalam menyikapi segala perubahan zaman,” ujarnya.

Peserta upacara.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Pejabat daerah Kabupaten Kepulauan Anambas yang menghadiri upacara.

Dan yang tak kalah penting, Sahtiar melanjutkan, kesiapan mental pemuda adalah dalam menghadapi segala perubahan. Maka, para orang tua diharap mampu memberikan dorongan penuh pada generasi muda. Karena pendidikan dimulai dari keluarganya dengan menjaga dan mengarahkan para pemuda kepada tujuan yang baik.

Tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen masyarakat terutama untuk para pemuda. Karena di tangan pemuda Indonesia bisa menjadi lebih maju.

“Di sinilah peran pemuda diharapkan dapat bersaing dalam bentuk apapun dalam hal positif dan terhindar dari informasi yang destruktif seperti narkoba, pornografi, pergaulan bebas, hingga radikalisme,” kata Sahtiar.

Sekda Anambas, Sahtiar menyerahkan cenderamata

Pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

“Untuk itu diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun, tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara. Pemuda juga harapan dunia. Pemuda Indonesia, khususnya Anambas, harus maju dan berani menaklukan dunia. Saya berharap ke depan akan banyak muncul tokoh- tokoh muda dari daerah ini yang mendunia,” ujarnya.

Foto bersama usai upacara.

Sahtiar juga mengingatkan bahwa pemuda terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primodial suku, agama, ras dan kultur. Maka tugas pemuda masa kini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar-luar batas tembok dunia kekinian, demi menyosong masa depan dunia lebih baik lagi.

Hadir pada upacara pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), kepala OPD, Anggota DPRD, Satpol-PP, dan para pelajar.

Reporter: Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here