Pemprov Kepri Siapkan 243 Fasilitas Penyuntikan Vaksin dengan 840 Vaksinator

0
58

MEDAKONEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Kepri, H. TS. Arif Fadillah memastikan vaksin telah siap dikirim ke kabupaten kota. Sarana penunjang telah disiapkan, seperti mobil box berpendingin.

Tapi, pengiriman masih menunggu arahan pusat.

“Bila sudah ada arahan pusat segera kita kirim. Nantinya pengantaran akan menggunakan mobil box berpendingin untuk memastikan vaksin tidak rusak,” kata Arif, Senin, 11 Januari 2020 di Tanjungpinang.

Pengiriman bakal dikawal TNI/Polri. Untuk memastikan vaksin sampai tujuan dalam kondisi aman.

Vaksin kini masih disimpan di Gedung Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, dijaga 12 orang personel keamanan selama 24 jam.

Arif minta semua pihak mendukung agar vaksinasi berjalan sukses. “Supaya wabah ini segera berlalu. Sehingga kehidupan masyarakat kembali normal. Perekonomian juga kembali berjalan seperti sedia kala,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, M. Bisri, menjelaskan untuk melancarkan proses vaksinasi pemerintah telah menyiapkan 840 orang tenaga vaksinator.

Dari 840 orang tenaga vaksinator ini, 210 orang di antaranya telah melalui pelatihan. Mereka nantinya akan bertugas di 243 fasilitas penyuntikan vaksin yang tersebar di seluruh penjuru Kepri, seperti klinik, puskesmas dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Masyarakat yang wajib divaksin, menurutnya, didata melalui aplikasi pcare vaksinasi: https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/vaksin.

Warga nantinya akan diberitahu lokasi dan waktu imunisasi melalui pesan singkat.

“Begitu jadwal pemberitahuan sudah diterima, masyarakat dipersilakan mendatangi lokasi pelayanan vaksinasi guna di data, lalu diverifikasi dan pengecekan kesehatan,” ujar Bisri.

Sebanyak 25.250 psc vaksin telah tiba di Kepri dalam dua kali pengiriman.

Reporter: Lukman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here