Percepat Pembangunan Anambas dengan Gerbangdutas

0
96

MEDAKONEWS.CO.ID, Anambas- Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Suhajar Diantoro membuka pencanangan Gerakan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) di Kepulauan Anambas, Senin, 16 Maret 2020.

Bekas Sekda Kepri itu dalam sambutannya mengatakan BNPP memiliki tugas di antaranya menetapkan kebijakan program pembangunan perbatasan, menetapkan kebutuhan anggaran, mengkoordinasikan pelaksanaan dan melaksanakan evaluasi dan pengawasan.

“BNPP terus berupaya mendorong kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan perbatasan negara dan untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah,” katanya.

Dalam upaya meningkatkan kinerja pengelolaan perbatasan negara, menurutnya, kegiatan Gerbangdutas bisa dijadikan momentum penting guna meningkatkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas antarpemangku kepentingan serta pengambil kebijakan dalam pengelolaan perbatasan negara. Baik pemerintah pusat (kementerian/lembaga), pemerintah daerah, pelaku usaha dan seluruh stakeholders lainnya.

Penyerahan bantuan dana perbaikan secara simbolis kepada sejumlah instansi yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam rangkaian Gerbangdutas 2020.

Penetapan Gerbangdutas di Kepulauan Anambas, ujar Suhajar, merupakan representasi dari wujud nyata hadirnya pemerintah di wilayah perbatasan.

“Secara geografis wilayah Kepulauan Anambas memiliki nilai strategis. Ditinjau dari aspek geopolitis dan geoekonomi yang merupakan Kabupaten perbatasan laut di Provinsi Kepri yang wilayahnya menjadi perhatian dunia,” katanya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris dalam sambutannya mengatakan Anambas amat butuh perhatian pusat dalam segala aspek, terutama pembangunan yang bersifat kebutuhan dasar masyarakat.

Sejauh ini, menurutnya, daerah ini masih banyak masalah dan kekurangan. Seperti telekomunikasi yang belum terlayani dan tersentuh secara maksimal di beberapa kecamatan, air bersih yang belum terpenuhi secara maksimal, serta kebutuhan akan akses jalan nasional.

Adanya pencanangan Gerbangdutas, kata Haris, diharapakan dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut. “Menjawab semua permasalahan yang ada,” kata Haris.

Pembukaan pencangan Gerbangdutas ditandai pemukulan bedug Deputi IV Pertahanan Negara Kemenkopolhukam Mayjen Rudianto. Dilanjutkan pembukaan tirai pencanangan Gerbangdutas dan penandatanganan prasasti peresmian hasil kegiatan 2019 lalu.

Reporter: Muslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here