Pertanyakan Gugatan, Puluhan Warga Tanjung Kelit Datangi DPMD

Sejumlah warga Desa Tanjung Kelit menaiki truk yang akan membawa mereka ke Kantor DPMD Kabupaten Lingga.

MEDAKONEWS.CO.ID, Lingga- Gugatan calon kepala Desa Tanjung Kelit, H. Zaini Rezar, yang berselisih satu suara dengan calon terpilih pada pemilihan kepala desa beberapa waktu lalu belum mendapat tanggapan.

Maka, puluhan warga Desa Tanjung Kelit, yang simpati terhadap Zaini, mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lingga, mempertanyakan tindak lanjut gugatan, Kamis, 26 Agustus 2021.

Ridwan, juru bicara simpatisan, mengatakan kedatangan dirinya bersama warga bukan hendak melakukan demo apalagi sampai berbuat anarkis.

“Kami cuma ingin menanyakan kenapa gugatan calon kepala desa H. Zaini Rezar belum ditanggapi,” katanya sebelum memasuki kantor DPMD.

Dokumen gugatan, menurutnya, sudah dilayangkan sejak 5 Agustus lalu secara lengkap. Termasuk mencantumkan nama sejumlah saksi.

Ridwan menjelaskan bahwa kedatangan warga murni menyampaikan aspirasi, tidak ada unsur lain.

“Karena di desa kami (diduga) ada pelanggaran yang dilakukan peserta calon terpilih. Kami cuma ingin pemilihan kepala desa dilakukan sesuai aturan,” ujarnya.

Kepala DPMD Kabupaten Lingga, Dody Suhendra menjelaskan bahwa gugatan Zaini Rezar masih dalam proses. Dan pihaknya kini tengah fokus mempersiapkan pelantikan.

“Bukan tidak ditanggapi,” katanya.

Sesuai peraturan bupati, menurut Dody, tim yang dapat memroses gugatan peserta calon kepala desa bukan sepenuhnya kewenangan dinasnya. Di dalamnya ada sekretaris daerah selaku ketua, dan asisten sebagai wakil ketua. Adapun DPMD hanya sekretaris.

“Jadi kami belum ada kesempatan mengumpulkan tim. Beri kami waktu, setelah pelantikan,” ujarnya.

Dody mengharapkan masyarakat Desa Tanjung Kelit bersabar. Karena waktu untuk menanggapi gugatan 30 hari sejak pengajuan.

“Insha Allah minggu pertama usai pelantikan akan kita minta kesediaan tim kabupaten untuk fokus menyelesaikan masalah (gugatan) di Desa Tanjung Kelit,” tuturnya.

Ridwan menjamin bahwa warga yang datang ke kantor DPMD ini telah mengikuti protokol kesehatan. Di antara mereka bahkan ada yang membawa baliho bertulis begini: ”Kami hanya mau bertanya, kenapa gugatan pemilihan cuma numpang tidur di kantor DPMD.”

Reporter: J.Naim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here