Polres Lingga Gelar Shalat Gerhana Bersama Masyarakat

0
156

Lingga, MedakoNews-Polres Lingga menggelar Shalat Gerhana Matahari bersama masyarakat Dabo singkep, di Masjid Az-Zulfa Dabo Singkep Kabupaten Lingga, Kamis (26/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Lingga AKPB Joko Adi Nugroho, S.I.K, M.T, PJU Polres Lingga, Personel Polres Lingga, Personel Polsek Dabo Singkep, Toga, Tomas dan Todat serta masyarakat Dabo Singkep.

Kegiatan diawali dengan Shalat Dzuhur berjamaah, dilanjutkan dengan tuntunan Shalat Sunnah Gerhana Matahari yang disampaikan Ustadz Ilhamuddin, yang juga sebagai imam Shalat Dzhuhur dan Shalat Sunnah Gerhana Matahari.

Setelah itu dilanjutkan dengan khutbah yang juga disampaikan Fatullah, S.ag, S.pdi i tentang Keutamaan Sholat Sunnah Gerhana Matahari.

Sholat Gerhana atau Sholat Kusuf adalah sholat yang dikerjakan ketika terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan, baik itu gerhana sebagian maupun gerhana total.

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho S.I.K, M.T mengatakan, bahwa kegiatan Sholat Gerhana adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam hadist Shahih Muslim.

“Sungguh matahari dan bulan adalah tanda kekuasaan Allah SWT, tidak terjadi gerhana keduanya (matahari dan bulan) karena kematian seseorang atau pun kehidupannya. Apabila kalian melihat gerhana, maka sholat dan doalah hingga gerhana tersebut selesai,” ucapnya. (Hendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here