Siang Malam Tim Gabungan Berjibaku Percepat Penanganan Bencana

0
73

MEDAKONEWS.CO.ID, Batam- Percepatan penanganan darurat dampak bencana di Kota Batam terus dilakukan. Tim gabungan terus bekerja. Salah satunya Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA).

Sejak banjir dan tanah longsor melanda Batam akibat cuaca ekstrem awal Januari lalu, Kepala Dinas DBM SDA Kota Batam Yumasnur langsung menerjunkan personel plus alat berat ke sejumlah titik bencana.

Sudah satu minggu ini alat berat BMSDA berjibaku dengan hujan dan lumpur, pagi, siang dan malam.

Seperti menangani longsor di Bengkong Pioner RT 06/RW 03, Kecamatan Bengkong.

Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur, mengatakan longsor di wilayah ini akibat di belakang perumahan warga terdapat tebing tinggi.

“Lokasi kami benahi. Untuk membantu menahan tanah secara darurat dengan karung goni yang ditumpuk dan kita bikin bertrap (bertingkat),” ujarnya, Senin, 11 Januari 2020.

DBM SDA juga melakukan pembenahan di titik dan wilayah lainnya. Alat berat milik DBM SDA bahkan secara rutin menormalisasi parit untuk mencegah terjadinya banjir susulan.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menjelaskan warga terdampak longsor telah didata oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM). Selanjutnya akan diberikan bantuan.

“Kita semua berharap langkah bersama ini dapat mengeliminir akibat bencana. Kehadiran kami sebagai bentuk bahwa negara hadir di tengah persoalan yang dihadapi masyarakat,” kata Amsakar usai gotong royong massal, Sabtu pagi (9/1/2021).

Di lokasi ini, Amsakar bersama Dandim 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan. Selain itu, masyarakat setempat dan organisasi masyarakat serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Batam turut pula bahu membahu menangani dampak bencana.

“Penanganan di lapangan merupakan kolektivitas semua jajaran. Atas nama Pemko Batam saya berterima kasih kepada TNI Polri, pemangku kepentingan di daerah, masyarakat, ormas dan lain-lain yang alhamdulillah memiliki rasa berkita yang tinggi membantu sesama yang terdampak bencana,” ujar Amsakar.

Ia mengimbau masyarakat tetap waspada terutama yang berlokasi di wilayah rawan. Diintruksikan kepada RT/RW agar sigap dan secara berkelanjutan memantau situasi di lapangan.

Jika ada kasus, kata Amsakar, segera koordinasikan dengan OPD lini terdepan penanganan bencana, seperti DBM SDA, Dinsos PM, Dinas Cipta Karya, Satpol PP, Damkar maupun Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Perkiraan cuaca seperti sekarang ini hingga akhir Januari belum berakhir. Maka, tetap waspada. Dan RT-RW, lurah dan camat terus pantau ke bawah dan lakukan koordinasi,” ujar ia.

Tidak hanya di satu lokasi, Amsakar juga melakukan peninjauan dan terlibat langsung dalam goro di sejumlah kecamatan. Di kecamatan Batam Kota, Amsakar tampak bersama Kapolresta Barelang Kombes Yos Guntur.

Secara berturut-turut Amsakar juga bersafari ke kecamatan-kecamatan lain, seperti di Nongsa untuk membersihkan slug oil di Pantai Nongsa.

“Apa yang dilakukan hari ini, agar selanjutnya dapat difollow-up tingkat camat, buat kegiatan yang bersifat kontinyu,” katanya.

Reporter: Umi Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here