Strategis, Indah, Alamnya Kaya, Letung Pas Jadi KEK

0
134

MEDAKONEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Pejabat sementara Gubernur Provinsi Kepri Bahtiar Baharuddin mendorong Letung, Kabupaten Kepulauan Anambas, dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Agar tercipta pemerataan pembangunan dan peningkatan erekonomi.

Bahtiar menilai kondisi geografis Letung strategis. Posisi pulau ini berada di tengah. Lahannya luas. Laut dan kekayaan di bawahnya luar biasa. “Jadi sangat pas dijadikan KEK,” kata Bahtiar saat kunjungan kerja ke Letung, Ahad lalu (29/11/2020).

Bahtiar menjelaskan yang harus didorong untuk menjadi kawasan KEK, minimal harus ada tiga kawasan KEK lainnya. Pertama KEK pariwisata, kedua KEK pertanian dan perkebunan, ketiga kawasan KEK industri.

Untuk KEK Pariwisata, menurutnya, Letung memiliki keindahan laut yang permai. Pantainya molek, dengan hamparan pasir halus putih bersih sangat panjang dan indah.

Keindahan bawah lautnya juga tak perlu diragukan. Aneka rupa flora dan fauna ini bahkan perlu dieksplore agar dikenal dunia.

Di Letung juga sangat banyak kawasan wisata menarik lainnya. Seperti Pantai Padang Melang, Pulau Bawah yang sudah sangat terkenal. Kawasan wisata ini masih terjaga dan terawat dengan baik.

“Makanya untuk pengembangnya harus dijadikan kawasan KEK pariwisata,” ujar Bahtiar.

Dirjen Polpum Kemendagri ini melanjutkan, adapun untuk kawasan KEK pertanian dan perkebunan, Letung memiliki lahan luas dan subur. Hal ini tentu mendukung pengembangan sektor tersebut.

Gerakan menanaman 1 miliar buah kepala yang digagas Bahtiar juga dapat diterapkan di Letung.

“Saya yakin penanaman 1 miliar buah kepala ini akan memberi dampak positif. Investor akan masuk. Dan ke depan buah kelapa akan menjadi andalan dan ikon Provinsi Kepri,” tuturnya.

Terkait KEK industri, Bahtiar menilai laut Letung dan Kepulauan Anambas secara umum memiliki kekayaan ikan melimpah. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi investor.

Anambas bahkan tidak hanya memiliki ikan unggulan seperti Kerapu dan Napoleon yang selama ini menjadi primadona, tetapi masih banyak lagi hasil laut lainnya. Sayangnya belum tergali maksimal.

Maka, kata Bahtiar, pemerintah Provinsi Kepri mendukung penuh KEK industri pengolahan hasil laut di Anambas. “Sehingga daerah ini maju di bidang perikanan dan pastinya bukan hanya Letung, tapi Anambas secara umum,” katanya.

Reporter: Lukman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here