Sudah Cair BLT Belum Disalurkan, Warga Limbung Datangi Kantor Desa

Suasana pertemuan di Balai Desa Limbung. (Foto: Marwah Kepri)

MEDAKONEWS.CO.ID, Lingga- Warga Desa Limbung, Kecamatan Lingga Utara, ramai-ramai mendatangi balai desa, Senin, 13 September 2021.

Warga yang berjumlah puluhan tersebut mempertanyakan dana yang merupakan hak mereka. Di antaranya insentif RT/RW, insentif kader Posyandu, insentif guru TPA dan honor perangkat desa. Tapi yang paling pokok adalah soal bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT-DD) bulan ini.

Total BLT DD September 2021 mencapai Rp76.500.000. Dana tersebut hak bagi 255 kepala keluarga (KK) Desa Limbung. Yang membikin warga geram, anggaran tersebut dikabarkan sudah cair tapi belum disalurkan.

Di balai desa masyarakat ditemui camat Lingga Utara, kepala desa yang baru, sejumlah staf kecamatan dan perangkat desa. Hadir pula tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala dusun, ketua RT/RW dan banyak lagi.

Dalam tuntutannya, masyarakat minta pemerintah desa segera menyalurkan BLT bulan September itu. Adapun soal pencairan dana yang lain sebagian warga mengaku bisa bersabar.

“Kalau masalah insentif kami tak masalah. Tapi BLT hak orang ramai,” kata salah satu Ketua RW di Desa Limbung kepada sejumlah wartawan.

Zulmafriza, Kepala Desa Limbung yang baru dilantik membenarkan bahwa BLT DD bulan September sudah cair. Yang mencairkan bendahara dan kepala desa sebelumnya.

“Seharusnya sudah disalurkan. Tapi mereka (kepala desa sebelumnya) mengatakan BLT bulan sembilan (September) belum masuk,” kata Zul.

Ia menegaskan pihaknya tengah membahas persoalan BLT DD ini dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lingga. Untuk mencari solusi.

“Mudah-mudahan ada pihak yang bertanggung jawab menyelesaikan,” ucapnya.

Camat Lingga Utara, Dedy Supartono mengatakan bahwa dirinya akan memfasilitasi permasalahan di Desa Limbung agar segera mendapat jalan keluar.

“Tugas kami untuk melakukan penyelesaian terhadap permasalahan di desa,” ujarnya.

Reporter: J.Naim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here