Tanggapi Vidio Illegal Fishing KIA Vietnam di Laut Natuna Utara Polairud dan TNI AL Terjunkan Kapal Patroli

0
1934

Medakonews.co.id, Natuna – Melalui Siaran Pers Nomor : 11/ XII/ 2019 / Press release / Humas Polres Natuna Jumat, 27 Desember 2019. Polres Natuna bersama Lanal Ranai menggelar Confrensi Pers di Ruang Confrensi Pers Polres Natuna membahas vidio yang beredar di media sosial tentang maraknya tindakan Illegal Fishing yang dilakukan oleh nelayan asing di laut Natuna Utara.

Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K yang didampingi oleh Dansatrad 212 Lanud Raden Sadjad Letkol (Lek) Bambang Suyono dan Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut (KH) Kadek Ari Pambudi, SH

Dalam kesempatan itu, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K menyampaikan, terkait viralnya video kapal ikan asing (KIA) yang beroperasi di perairan laut Natuna Utara yang diduga melakukan tindak pidana ilegal fishing yang di unggah oleh akun Facebook Dedek pada tanggal 26 Desember 2019, Polres Natuna dan Lanal Ranai telah mengambil langkah-langkah sesuai dengan bidang tugas pokok fungsi masing-masing instansi.

“Kita dari Polres Natuna telah menggelar Patroli dengan menerjunkan Satpolair menggunakan kapal patroli C3, untuk melakukan pengecekan ke lapangan sesuai koordinat yang dilaporkan yaitu sekitar 100 mil ke arah Timur Laut dari Pulau Bunguran, namun karena cuaca tidak mendukung, dengan alasan faktor keamanan dan keselamatan akhirnya kapal patroli C3 kembali ke pangkalan,”tarang Nugroho.

Selain itu, terang Nugroho pihaknya juga telah melaporkan kejadian tersebut, kepada Kapolda Kepri. dan bapak Kapolda Kepri telah merespon informasi tersebut dengan melakukan koordinasi ke Bakamla RI, dan telah mengirimkan Kapal Patroli Polairud Polda Kepri untuk menindak lanjuti informasi yang telah beredar di media sosial terkait viralnya video kapal ikan asing (KIA) yang melakukan ilegal fishing di laut Natuna Utara.

AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K Mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Natuna apabila mendapatkan informasi sekecil apapun agar dapat dilaporkan kepada aprat TNI – POLRI untuk segera di tindak lanjuti

Sementari itu, Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut (KH) Kadek Ari Pambudi, SH juga menyampaikan hal sama, terkait viralnya video kapal ikan asing (KIA) yang beroperasi di perairan laut Natuna Utara yang diduga melakukan tindak pidana ilegal fishing yang di unggah oleh akun Facebook Sdr. Dedek, TNI – AL Lanal Ranai telah melaporkan informasi tersebut kepada Danlantamal IV Tanjung Pinang.

“Merespon laporan tersebut, Dan Guspurla Koarmada I telah menurunkan 3 (Tiga) KRI yakni KRI Tjiptadi 381, KRI Teluk Celukan Bawang dan KRI Teuku Umur ditambah Kapal Negara Tanjung Datuk milik Bakamla untuk melakukan pengejaran serta penangkapan terhadap kapal ikan asing (KIA) yang melakukan tindak pidana ilegal fishing di perairan laut Natuna Utar,”terang Palaksa Lanal Ranai.

Letkol Laut (KH) Kadek Ari Pambudi, SH. juga nenghimbau kepada masyarakat apabila memperoleh informasi sekecil apapun, hendaknya segera melaporkan kepada pihak yang berwajib, agar dapat segera ditindaklanjuti.

Ia juga memohon do’a kepada masyarakat Natuna untuk memberi dukungan kepada TNI dan POLRI agar dapat melakukan penangkapan terhadap kapal ikan asing (KIA) yang beroperasi di laut Natuna Utara.

Editor : Papi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here