Tanjungpinang Dapat Jatah 2.500 Pcs Vaksin, Wali Kota Siap Jadi Orang Pertama

0
70

MEDAKONEWS.CO.ID, Tanjungpinang- Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma menyatakan didirnya siap menjadi orang pertama yang divaksin Covid-19.

“Insya Allah saya siap. Saya akan memberikan contoh serta memastikan kepada masyarakat bahwa vaksin ini sangat baik untuk mencegah Covid-19,” katanya usai Rapat Koordinasi Pendistribusian Vaksin Covid-19 di Rupatama Antan Seludang, Polres Tanjungpinang, Jumat, 8 Januari 2020.

Diketahui bahwa vaksin Covid-19 telah tiba di Provinsi Kepri sekitar 25.000 pcs. Untuk tahap pertama, Kota Tanjungpinang dapat jatah 2.500 pcs yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan.

Vaksinasi akan dilaksanakan pada 15 Januari mendatang. Tapi tekhnis pelaksanaan masih menunggu instruksi pemerintah pusat.

Rahma berharap vaksinasi dapat menekan angka kasus terkonfirmasi Covid-19. Maka, diharapkankan masyarakat tidak terpengaruh informasi hoax terkait vaksin yang beredar luas di media sosial.

Masyarakat diajak  berfikir positif agar pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk) Tanjungpinang, Rustam mengatakan pihaknya menyiapkan 14 fasilitas kesehatan (faskes) sebagai tempat vaksinasi.

“Setiap faskes kurang lebih ada 30 vaksin, golongan pertama ini untuk tenaga kesehatan, tokoh masyarakat dan pejabat publik,” katanya.

Pemerintah juga masih menunggu izin ‘emergency use’ dan setifikasi dari Badan Pengawas dan Obat (BPOM) sebelum melakukan vaksinasi. Diharapkan izin tersebut keluar sebelum 15 Januari 2021 mendatang.

Adapun vaksinasi masyarakat secara umum, Rustam memperkirakan April 2021 hingga Maret 2022.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan mencatat sebanyak 2.655 tenaga kesehatan di Tanjungpinang yang akan dilakukan penyuntikan vaksin Corona. Ribuan tenaga kesehatan ini akan divaksin dari Januari hingga April 2021.

Reporter: Anabella

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here