Warga Kampung Batu Licin Kompak Wujudkan Program Kotaku

0
98
Pembangunan dari Program Kotaku di Kampung Batu Licin, Kelurahan Gunung Lengkuas, Kabupaten Bintan.

MEDAKONEWS.CO.ID, Bintan- Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh, sangat berdampak dalam mengentaskan kawasan kumuh di Kampung Batu Licin, Kelurahan Gunung Lengkuas, Kabupaten Bintan.

Dalam program Kotaku, yang menjadi indikator adalah pembenahan infrastruktur, persampahan, septic tank komunal, penghijauan dan lainnya.

Di Kampung Batu Licin telah dibangun semenisasi jalan, drainase, dan penahan ombak dari program Kotaku ini.

Jun, salah satu Anggota BKM Lengkuas Indah berharap dengan program ini tidak akan ada lagi tumbuh kawasan kumuh di kampungnya. Dan ia minta pembangunan yang telah selesai dilaksakan harus bersama-sama dipelihara dan dijaga.

JUn menilai, implementasi dari program Kotaku terhadap sebuah kawasan bukan tidak mungkin bisa menjadi sebuah destinasi wisata baru. Apalagi masyarakat di kawasan tersebut mempunyai potensi untuk menciptakan kawasannya menjadi daya tarik wisata.

Seperti dengan mengembangkan kerajinan tangan, produk UKM, kuliner dan sebagainya.

“Kita masyarakat harus bersinergi dengan program-program seperti Kotaku ini, sehingga kawasan kita menjadi lebih maju dan masyarakatnya sejahtera,” ujar Jun di lokasi pembangunan program Kotaku, Jumat, 23 Oktober 2020.

Pembangunan dari program Kotaku ini pun dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Sehingga, selain tercipta kebersihan dan keindahan lingkungan, juga tercipta kekompakan.

Program Kotaku yang menjadi prioritas Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, juga dalam rangka mendukung Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Reporter: Halex

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here